Hamster Syrian

Posted on 10 April 2011

0


syrian

HAMSTER SYRIA (Mesocricetus auratus)


Sejarah Syrian
Ditemukan pertama kali pada thn 1930 oleh I.aharoni, seorang profesor zoologi universitas habrew, Yerusalem. Hamster ini pertama kali ditemukan dalam sebuah lubang sepanjang delapan kaki di daerah padang pasir aleppo, syria. Oleh sebab itu hamster ini dikenal dengan nama hamster syria (syrian hamster).

Demo
Umur 2 – 2,5 tahun, bila dirawat dengan baik.
Panjang 15 – 20 cm, bila sudah dewasa.
Macam-macam hamster syria:
1. short hair
2. long hair
3. rex
4. satin
5. Dll
Masa kehamilan hamster syrian : 15 – 18 hari
Yang cocok memelihara hamster ini:
1. Anak-anak kecil yang baru mulai belajar memelihara hamster
2. Orang yang senang dengan binatang berbulu panjang
3. Orang yang hanya ingin memelihara satu ekor hamster saja

Info Lengkap Nya
Hamster Syrian ini di Indonesia memiliki berbagai sebutan ‘aneh’ sebagai hamster lokal, giant hamster dan hamster Australia.
Disebut sebagai hamster lokal karena asalnya dari Indonesia tapi katanya sih karena diternakkan di Indonesia (padahal hamster jenis lain juga semua diternakkan di Indonesia). Jadi tidak mengacu pada mahal atau murahnya hamster itu sendiri.
Disebut giant hamster karena memang ukuran badannya paling besar di antara jenis hamster lainnya yang ada di Indonesia. (Ukuran hamster Syrian dewasa mencapai 12 – 17 cm). Kenyataannya di dunia ada jenis hamster yang lebih besar, bahkan ada yang menyandang nama resmi sebagai Giant Hamster, tapi hamster jenis ini liar dan tidak dipelihara manusia. Ada beberapa praktek penipuan yang memasang harga lebih tinggi untuk hamster syrian yang diberi label ‘giant hamster’ dengan alasan badannya lebih besar. Jangan tertipu! Ini hanya hamster syrian dengan usia yang lebih tua! Ingat Giant Hamster yang asli tidak pernah dipelihara manusia dan tidak diperjualbelikan di manapun.
Hamster Australia adalah nama yang diciptakan para penjual yang tidak tahu-menahu soal hamster. Di Australia sendiri hamster adalah hewan yang dilarang keberadaannya karena dianggap sebagai ancaman hama. Anda tidak akan menemukan hamster di Australia! Ketika Anda melihat label hamster Australia yakinlah bahwa itu adalah hamster syrian.

Kelebihan dan Kekurangan Hamster Syrian
Kelebihan Hamster Syrian Hamster ini besar dan gerakannya relatif lambat dibanding jenis yang lain sehingga sangat cocok bagi anak-anak. Mudah dipegang dan mudah dijinakkan. Hamster Syrian juga memiliki banyak variasi warna, mulai dari yang polos sampai yang memiliki berbagai corak. Kelebihan lainnya adalah hamster Syrian adalah satu-satunya jenis hamster yang memiliki jenis bulu panjang (long hair). Hamster Syrian bersifat soliter (penyendiri), jadi bagi orang yang hanya ingin memelihara satu ekor hamster saja, dapat memelihara Syrian tanpa takut merasa hamster itu akan kesepian tanpa teman hamster lainnya.
Kekurangan Hamster Syrian Hamster ini kurang populer lagi sekarang di Indonesia, walaupun di luar negeri hamster jenis ini masih sangat populer karena sebagian besar show hamster adalah untuk memperlombakan jenis ini. Kekurangan lainnya adalah pengeluaran uang yang lebih besar untuk makanan, kandang dan serbuk kayu, tentu saja karena ukuran tubuh yang besar memerlukan segala sesuatunya dalam jumlah yang lebih banyak. Selain itu hamster Syrian yang kita temui di Indonesia saat ini sudah banyak mengalami penurunan kualitas akibat diternakkan secara massal tanpa memperhatikan masalah gizinya.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Hamster Syirian

24246_384307136501_254597531501_4441476_6485855_n

Syrian Sexing


jenis kelamin hamster

Jenis Kelamin Hamster

Posted in: Uncategorized