Snack Yang Bergizi Untuk Hamster

Posted on 2 April 2011

0


stock-photo-hamster-and-small-snack-30823486

Stock Photo


Treat (snack atau selingan makanan) bisa menjadi special dan bermanfaat di saat yang sama. Tambahan buah-buahan dan sayuran telah terdaftar, masih ada beberapa makanan lain yang bisa dipertimbangkan untuk menjadi treat hamster, tapi para penata diet mempertimbangkan bahan-bahan suplemen diet yang bergizi. Seperti :

Telur: Hamster sangat menyukai telur rebus dan telur mengandung protein tinggi. Telur rebus baik untuk ibu hamster yang sedang hamil dan anak-anak yang masih muda. Tetapi bagaimana pun juga, telur harus diberikan sekali-sekali. Telur yang tidak di makan dalam waktu 24 jam setelah diberikan. harus disingkirkan dari kandang agar telur tidak membusuk di kandang.
Minyak Ikan : Kaya akan vitamin A dan D, beberapa tetes minyak ikan yang diteteskan di atas makanan hamster bisa diberikan sekali seminggu.
Daging: Pemberian daging untuk hamster telah diperdebatkan selama bertahun-tahun. Beberapa orang percaya pemberian daging akan mendorong munculnya sifat kanibal di dalam diri hamster. Tetapi, ada beberapa laporan dari para breeders yang memberikan daging secara teratur dan tidak pernah mengalami (mempunyai) hamster yang kanibal. Daging bisa diberikan berupa potongan kecil daging sapi atau daging domba (hindarkan pemberian daging babi), makanan anjing kalengan atau mealworm, yang merupakan favorit hamster.
Susu: Permasalahan yang mendasar dari pemberian susu adalah susu perlu diberikan dalam suatu wadah, yang bisa ditumpahkan. Susu bisa menjadi basi dalam waktu yang relatif cepat jika berada di cuaca yang panas. Karena masalah-masalah ini, susu jarang diberikan untuk hamster. Susu baik diberikan untuk ibu hamster yang sedang mengandung, anak-anak hamster, dan hamster yang sedang sakit. Pastikan untuk menyingkirkan wadah dan cuci dengan bersih sebelum susu menjadi basi.
Campuran Makanan Burung: Suplemen yang ideal lain nya, adalah biji-bijian yang dijual untuk burung kenari dan budgerigars. Pemberian bisa dilakukan seminggu sekali dengan cara mencampur nya dengan makanan hamster atau satu sendok teh penuh.
Makanan Monyet: Makanan monyet yang berkualitas telah dikemas dengan banyak nutrisi seperti : jagung, basil gandung, telur, ragi untuk membuat bir, bermacam-macam protein, dll. Seperti treat lain nya, disarankan untuk tidak memberikannya lebih dari seminggu sekali. Seperti treat untuk kucing dan biskuit anjing, makanan monyet juga baik untuk mengasah gigi hamster.
Ragi: Kaya akan vitamin B yang bermanfaat untuk susunan syaraf dan sangat berguna untuk mengurangi stress. (Stress merupakan sebab utama yang menyebabkan hamster terkena penyakit, khusus nya wet tail). Pemberian ragi seminggu sekali, sangat baik untuk mencegah banyak penyakit. Berikan sejemput ragi yang bergizi sekali seminggu. (Ragi yang bergizi tidak pahit rasanya dan hamster Anda akan menyukai rasanya). Sebagai alternatif, tablet ragi yang dapat ditemukan di pet shop untuk anjing dan kucing , dapat diberikan seminggu sekali. (Ketika memberikan tablet ragi ini, gunakan tablet ragi yang plain, jangan yang mengandung bawang putih, karena bawang putih terlalu keras bagi ginjal hamster).

Info tambahan:

Hal yang perlu & boleh dilakukan
* Cucilah tangan sampai bersih sebelum dan sesudah memegang hamster. Jika tangan anda berbau “lain” (tidak bersih), hamster akan “mencoba” tangan anda dengan menggigit. Penting banget nih yg ini! pengalaman sendiri, ane lupa cuci tangan abis pake lotion, da gitu megang hamie, eh d jilat2 tangan ane..besoknya pergilah dy ke surga
* Ajaklah Hamster berinteraksi langsung sesering mungkin, misal menggendong ditelapak tangan,mengelus, memberi makan dengan tangan, membiarkan dia berlarian disekitar kamu. Jadikan dia sahabat ^^
* Memberi snack secukupnya, berupa kecambah segar atau snack khusus hamster 1-2x seminggu. bisa pake varian laen, kaya jelly hamster, brokoli, jagung manis, putih telur, dsb
* Mengganti posisi mainan agar dia tidak bosan.
Hal yang JANGAN dilakukan
* Hindarkan hamster dari terik matahari langsung, bisa menyebabkan Heat Stroke. Lumpuh total yang disertai kematian.
* Hindarkan dari angin kencang dan air.
* Minimalkan jatuhnya hamster darimanapun asal jatuhnya.
* Jangan memberi sayuran & buah segar sembarangan dan berlebihan, karena pencernaan hamster didesain hanya untuk biji-bijian kering saja. Berikan HANYA kecambah, bengkoang yang masih segar 1-2x seminggu, untuk menghindari hal-hal mengerikan seperti diare akut, bahkan kematian.
* Jangan memberi terlalu banyak kuaci (Biji bunga matahari), menyebabkan hamster obesitas dan penyakit lainnya, sperti jantung dan kemandulan. Meskipun makanan ini paling disukai si hamster, namun memberikan pengaruh buruk.
* Jangan membiarkan ada makanan membusuk di dalam kandang.
* Jangan biarkan serbuk kayu basah / banjir, segera ganti sebuk kayu.
* Jangan pernah mengawinkan hamster dengan varian yang berbeda. Agar gen hamster tidak merusak keturunan selanjutnya.

Posted in: Uncategorized