Kandang Hamster

Posted on 10 April 2011

0


kandang

Kandang Bagi Hamster


Ukuran Kandang
Apapun kandang yang Anda gunakan, berilah hamster Anda kandang dengan ukuran yang layak. Kandang yang terlalu kecil akan memicu stress pada hamster. Sama seperti layaknya manusia yang ditempatkan di kamar yang terlalu kecil dan tidak bisa keluar, pasti rasanya tidak nyaman bukan?
Hamster menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam kandang, oleh sebab itu cobalah untuk memberikan kandang yang nyaman dan cukup luas bagi mereka untuk bermain. Lengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang mereka butuhkan dan berikan ruang bagi mereka untuk bergerak.
Jika Anda memelihara seekor hamster, berilah kandang minimal 30×40 cm. Lebih besar tentu lebih baik. Perbesar ukuran kandang jika Anda memelihara hamster dalam jumlah yang lebih banyak.

Berbagai Jenis Kandang dan Alternatif
Sekarang ini bermunculan banyak jenis kandang hamster dengan berbagai fasilitas dan mainan yang lucu. Anda bisa memilih kandang yang Anda sukai tapi dengan memperhatikan berbagai aspek. Beberapa kandang akan terlihat lucu, beberapa lagi akan merepotkan Anda, semua kandang memiliki sisi positif dan negatifnya. Anda tentukan sendiri pilihan Anda :
Kandang Sederhana
Jenis kandang seperti ini adalah yang paling sederhana, banyak ditemui dimana-mana. Mudah dibersihkan, sistem sirkulasi udara sangat baik tapi mungkin penampilannya memang terlihat sederhana.
Kandang ini terdiri dari bagian bawah yang berupa wadah plastik tertutup (tanpa jaring atau kawat) dan bagian atas berupa jeruji besi dengan jarak bervariasi (tapi tidak lebih dari 1 cm karena hamster bisa lolos).
Kandang seperti ini sangat tepat bagi orang-orang yang mengharapkan kandang yang mudah dibersihkan, para peternak hamster yang serius, hobiist yang mengutamakan kualitas hamster. Bisa dikatakan jenis kandang paling ideal bagi hamster.
Kandang Unik dan Lucu
Kandang ini terlihat menarik dengan adanya pipa-pipa penghubung, banyaknya mainan dan segala aksesoris dalam kandang lainnya. Bentuknya beraneka ragam dan harganya mungkin lebih mahal.
Kelemahan paling besar dari kandang ini adalah waktu yang dibutuhkan untuk membersihkannya. Membersihkan kandang ini cukup sulit dan membutuhkan waktu yang panjang. Anda harus melepas satu persatu bagian untuk dibersihkan atau disikat.
Hal lain yang harus diperhatikan adalah pipa penghubung. Biasanya hamster senang bersarang di pipa-pipa ini, tapi sering mengakibatkan bulu yang basah, kusut dan rusak. Karena dengan berdiam di pipa ini hamster biasa tidur di atas kotoran dan kencingnya sendiri. Hal lain tentang pipa adalah sirkulasi udara yang buruk sehingga hamster yang senang berdiam di pipa biasa memiliki bau yang lebih menyengat dibanding hamster normal.
Akuarium dan Kontainer Plastik
Salah satu alternatif kandang hamster yang paling sering digunakan adalah akuarium atau kontainer plastik. Kandang alternatif ini mudah ditemukan dan ukurannya beraneka ragam. Banyak yang menggunakan kandang alternatif ini karena ukurannya yang lebih fleksibel dibanding kandang jenis lain.
Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda memutuskan untuk memelihara hamster di dalam kontainer atau akuarium. Kandang jenis ini lebih cocok jika Anda menempatkan kandang di ruang ber-AC karena sirkulasi udara tidak sebaik kandang berjeruji besi.
Selain masalah penempatan dan sirkulasi udara, tinggi sebuah akuarium/kontainer juga harus diperhatikan. Hamster adalah binatang yang pandai memanjat dan melompat jadi akuarium yang terlalu pendek bisa memungkinkan hamster kabur. Biasanya hamster akan memanjat mainan atau botol minumnya untuk kabur dari kandang. Jadi berhati-hatilah dengan masalah ini. Alternatif lain yang biasa digunakan orang adalah dengan memberikan penutup kawat pada bagian atas akuarium. Tapi dengan memberikan penutup ini juga berarti sirkulasi udara menjadi lebih buruk sehingga kandang cepat bau dan sumpek.
Pada beberapa situasi bahkan kandang akuarium/kontainer ini berbahaya karena makhluk pemangsa lebih mudah mendapatkan akses untuk masuk ke dalam kandang, terutama tikus atau kucing.

About these ads
Posted in: Uncategorized